Belajar di Puskesmas Pasir Panjang

Tanggal 18 Desember 2013, rombongan tim DPC ( District Program Coordinator ) Program  AIPMNH melakukan kunjungan belajar ke Puskesmas Pasir Panjang Kota Kupang. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat tahapan reformasi yang sudah dilakukan oleh Puskesmas Pasir Panjang. Sebelumnya tim DPC AIPMNH juga melakukan kunjungan belajar ke Keluarahan Naikoten II, yang merupakan kelurahan siaga dampingan AIPMNH Kota Kupang.

Rombongan tim DPC AIPMNH diterima oleh Kepala Puskesmas Pasir Panjang-drg Dian Arkiang. Drg Dian mengucapkan selamat datang kepada tim DPC sekaligus menyampaikan terimakasih atas kepercayaan tim DPC untuk belajar di Puskesmas Pasir Panjang. Lebih lanjut drg Dian menjelaskan bahwa Puskesmas Pasir Panjang selama ini mendapat dukungan dari AIPMNH untuk program reformasi puskesmas.

Lebih lanjut drg Dian mengatakan bahwa program reformasi puskesmas sangat membantu Puskesmas Pasir Panjang karena dengan reformasi, administrasi Puskesmas jadi tertata dengan baik; dimana semua kegiatan Puskesmas dapat terdokumentasi dengan baik. Salah satu hal menarik yang didapat adalah tentang transparansi informasi. Sekarang di Puskesmas Pasir Panjang telah ada papan informasi yang menempelkan informasi tentang program dan penggunaan keuangan program. Sehingga setiap orang yang datang ke Puskesmas bisa membaca dan mengetahui informasi ini.

Drg Dian kemudian mengajak rombongan tim DPC untuk berkeliling ke seluruh ruangan Puskesmas. Sambil berkeliling, drg Dian juga menunjukkan beberapa produk yang sudah dibuat seperti papan visi, misi, moto, nilai, janji pelayanan, hasil survey pengaduan, alur pelayanan, informasi transparansi program dan keuangan, dll. Drg Dian juga menunjukkan beberapa inventaris Puskesmas Pasir Panjang seperti televisi, DVD, kursi, dll yang merupakan sumbangan dari beberapa CSR maupun perseorangan/individu berkat perjuangan dan pendekatan BPP dengan beberapa CSR di Kota Kupang.

Pada saat tim DPC sampai ke ruang rawat inap, tanpa sadar, salah seorang dalam rombongan nyeletuk “wah… jika saya warga Kota Kupang, kalau sakit saya akan memilih untuk berobat di sini (baca : Puskesmas Pasir Panjang) saja”. Kontan saja celetukan salah seorang dari rombongan ini membuat beberapa orang perawat yang berada di ruang rawat inap tertawa…. Para perawat ini kemudian menjelaskan bahwa untuk sementara rawat inap Puskesmas Pasir Panjang hanya melayani pasien/ibu-ibu yang mau melahirkan, belum menerima pasien umum….

Setelah berkeliling, tim DPC AIPMNH langsung pamit pulang….. Walaupun kunjungan tim DPC AIPMNH ini terbilang singkat (±15 menit), namun banyak hal menarik yang didapat dari Puskesmas Pasir Panjang. Tim DPC AIPMNH sangat tertarik dengan transparansi yang dilakukan oleh Puskesmas Pasir Panjang dimana semua informasi tentang pengelolaan program dan keuangan ditempel di papan informasi Puskesmas. Tim DPC juga sangat terkesan karena semua ruangan dan halaman di Puskesmas Pasir Panjang  tertata rapih dan bersih.

(Rita Kefi – Mentor Reformasi Puskesmas Kota Kupang).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s